Terbaru

Tuesday, November 14, 2023

15. CARA PENYELESAIAN SKU

15. CARA PENYELESAIAN SKU

Penyelesaian SKU dilakukan melalui ujian SKU. Ujian SKU bertujuan untuk menilai kecakapan Pramuka Penegak agar dapat memperoleh Tanda Kecakapan Umum (TKU). Dengan demikian, kecakapan yang dimiliki oleh Pramuka Penegak dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan, disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan masing-masing Penegak.

Penting bagi Pembina Penegak untuk memahami bahwa ujian SKU bukan hanya sebagai evaluasi terhadap hasil proses pendidikan yang telah diselenggarakan, tetapi juga sebagai penilaian terhadap usaha yang telah dilakukan oleh Pramuka Penegak. Selain itu, ujian SKU juga mencerminkan kemampuan Pembina dalam melaksanakan tugasnya.

Pembina Penegak yang bertindak sebagai penguji SKU bisa melakukan ujiannya sendiri atau meminta bantuan penguji dari luar Gerakan Pramuka. Penguji eksternal dapat berupa seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu, orang tua atau wali Pramuka Penegak. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa ujian dilakukan secara obyektif dan menghasilkan penilaian yang akurat terhadap kecakapan Pramuka Penegak.

a. Menyelesaikan SKU

SKU merupakan alat pendidikan yang dapat menjadi pendorong bagi Pramuka Penegak untuk berusaha memperoleh pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan yang dipersyaratkan. Pembina Pramuka Penegak, baik secara formal maupun informal, memiliki peran penting dalam memberikan motivasi kepada para Pramuka Penegak untuk menyelesaikan SKU pada tingkatan yang sesuai dengan kondisi masing-masing peserta didik


No comments:

Post a Comment