Terbaru

Monday, November 13, 2023

11. AREA PENGEMBANGAN EMOSIONAL

AREA PENGEMBANGAN EMOSIONAL

a. Pengertian

Pengembangan emosional pada Pramuka Penegak berkaitan dengan pemahaman perasaan dan cara ekspresi emosi. Sikap dan perilaku mencerminkan keseimbangan dan kedewasaan emosional dalam mencapai dan merawat kebebasan diri. Emosi dan perasaan menjadi bagian integral dari kehidupan, membantu membentuk kepribadian seseorang. Perubahan dari fase anak-anak menjadi remaja memunculkan perkembangan emosional, di mana penghargaan terhadap integritas pribadi sangat penting, yang jika diabaikan bisa mengakibatkan remaja mencari pelampiasan emosi dengan cara yang mungkin tidak selalu positif.

Kondisi saat ini menunjukkan bahwa remaja sering mengekspresikan emosi melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Ini dapat menjadi peluang yang baik atau buruk tergantung pada pengaruh teman-teman sebaya. Keluarga dianggap sebagai sumber utama pengembangan emosional remaja, dan hubungan yang baik dengan keluarga dapat membentuk pribadi yang emosionalnya stabil. Pembina Pramuka perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk membantu mengelola emosi peserta didiknya.

b. Tujuan

Tujuan pengembangan emosional adalah membantu Pramuka Penegak untuk mengembangkan perasaan dan cara mengungkapkannya secara sehat, menghargai perasaan orang lain, serta dapat mengelola emosi dengan baik.

c. Sasaran

1)    Menjalin komunikasi yang baik dengan anggota keluarga dan masyarakat sekitarnya.

2)    Mengendalikan emosi diri dan emosi orang lain.

3)    Menghargai pendapat orang lain.

d. Standar Kompetensi

Standar Kompetensi dalam pengembangan emosional Pramuka Penegak mencakup:

1)    Kompetensi Akhir: Mampu menentukan sikap, gaya hidup, serta merencanakan masa depan dan pekerjaan dengan bijaksana.

2)    Kompetensi Dasar:

a)    Penegak Bantara: Mampu berkomunikasi dengan orang tua dan teman secara santun, mengendalikan emosi, berpikir logis, serta menyampaikan dan menerima perbedaan pendapat tanpa melukai perasaan orang lain.

b)    Penegak Laksana: Mampu menyampaikan gagasan secara santun dan berempati terhadap pendapat orang lain.

No comments:

Post a Comment