Terbaru

Sunday, January 7, 2024

SKU Penggalang Ramu : 27. Dapat baris-berbaris

Gerakan Aba-Aba dan Baris-Berbaris

1. Gerakan Aba-Aba Ditempat

a) Siap: Peserta didik berdiri tegak, kaki rapat, dan tangan disamping badan.

b) Istirahat Ditempat: Peserta didik dapat bersantai dengan posisi kaki rapat, dan tangan di belakang punggung.

c) Hadap Kanan: Peserta didik berbalik menghadap ke arah kanan dengan kaki rapat dan tangan di samping badan.

d) Hadap Kiri: Peserta didik berbalik menghadap ke arah kiri dengan kaki rapat dan tangan di samping badan.

e) Balik Kanan: Peserta didik berbalik 180 derajat ke kanan dengan kaki rapat dan tangan di samping badan.

f) Lencang Depan: Peserta didik melangkah maju dengan kaki kanan dan kiri, lalu kaki kiri ditarik ke belakang, dilanjutkan dengan kaki kanan.

g) Lencang Kanan: Gerakan serupa seperti lencang depan, tetapi diawali dengan langkah ke kanan.

2. Perintah Aba-Aba Maju, Berhenti, dll

·       Maju: Peserta didik melangkah maju serentak dengan kaki kanan dan kiri.

·       Berhenti: Peserta didik berhenti berdiri tegak dengan kaki rapat.

·       Belok Kanan: Peserta didik berbalik ke arah kanan dengan kaki rapat.

·       Belok Kiri: Peserta didik berbalik ke arah kiri dengan kaki rapat.

3. Baris-Berbaris dengan Membawa Tongkat

·       Peserta didik membentuk barisan dengan rapi, setiap peserta memegang tongkat.

·       Tongkat dipegang dengan kedua tangan, ujung tongkat diletakkan di tanah di depan kaki kanan.

·       Gerakan maju, mundur, dan berbelok dilakukan serentak sesuai aba-aba.

·       Dalam baris-berbaris, peserta didik belajar untuk menjaga jarak dan selalu merespons perintah dengan cepat.

Catatan Penting:

·       Penting untuk melatih gerakan ini secara rutin untuk memastikan peserta didik terampil dalam menjalankan perintah dan berbaris dengan baik.

·       Keselamatan selalu menjadi prioritas utama selama kegiatan ini dilakukan.

Dengan penerapan gerakan dan perintah ini, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan keterampilan kedisiplinan, kerja sama, dan kekompakan dalam konteks kepramukaan.

No comments:

Post a Comment