Terbaru

Friday, December 15, 2023

SKU Penggalang Ramu : 18. Budaya Bahasa Indonesia di Rumah

Budaya Bahasa Indonesia di Rumah

Pendahuluan

Bahasa Indonesia merupakan aset berharga bagi setiap warga negara Indonesia. Selain menjadi lambang identitas nasional, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Oleh karena itu, peserta didik Pramuka Penggalang Ramu diajak untuk membiasakan berbicara menggunakan Bahasa Indonesia sehari-hari. Dalam kegiatan ini, peserta didik juga diminta untuk melibatkan orang tua dalam pengamatan terkait kebiasaan putera/puteri di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia.

Tujuan Kegiatan

1.  Memahami pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai bagian dari identitas nasional.

2.  Membiasakan diri untuk berbicara menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

3.  Melibatkan orang tua dalam pengamatan terkait kebiasaan putera/puteri di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia.

Materi

A. Pentingnya Bahasa Indonesia

1.  Lambang Identitas Nasional

·       Bahasa Indonesia merupakan lambang identitas nasional dan kebhinekaan bangsa Indonesia.

·       Memiliki peran penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

2.  Bahasa sebagai Cermin Karakter Bangsa

·       Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik mencerminkan karakter dan keberadaban bangsa.

·       Menunjukkan sikap hormat terhadap budaya dan nilai-nilai Indonesia.

B. Berbicara Bahasa Indonesia Sehari-hari

1.  Keteladanan

·       Peserta didik diminta untuk memberikan contoh penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

·       Membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari.

2.  Komunikasi yang Efektif

·       Bahasa Indonesia yang baik meningkatkan kemampuan komunikasi.

·       Penting dalam memahami dan dipahami oleh orang lain.

C. Kegiatan dengan Orang Tua

1.  Observasi Kebiasaan di Rumah

·       Peserta didik diajak untuk mengamati kebiasaan penggunaan Bahasa Indonesia di lingkungan rumah.

·       Catat contoh-contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan penggunaan Bahasa Indonesia.

2.  Diskusi dengan Orang Tua

·       Peserta didik diminta berdiskusi dengan orang tua mengenai temuan observasi mereka.

·       Bertanya tentang peran orang tua dalam membimbing penggunaan Bahasa Indonesia yang baik.

Kegiatan Lapangan

1.  Pengamatan di Rumah

·       Peserta didik diberi tugas untuk mengamati dan mencatat penggunaan Bahasa Indonesia di rumah.

·       Identifikasi situasi atau kegiatan apa saja yang melibatkan Bahasa Indonesia.

2.  Presentasi Hasil Observasi

·       Setiap peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil observasi mereka di depan kelompok.

·       Membahas temuan dan memberikan saran untuk meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta didik dapat lebih peduli terhadap penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Keterlibatan orang tua juga diharapkan dapat menjadi dorongan positif dalam memupuk budaya bahasa yang benar di lingkungan keluarga. Dengan begitu, peserta didik dapat menjadi agen perubahan dalam melestarikan Bahasa Indonesia sebagai warisan budaya yang perlu dijaga bersama.

No comments:

Post a Comment