Terbaru

Sunday, November 12, 2023

6. Karakteristik Kegiatan Pandega

Karakteristik Kegiatan Pandega

Kegiatan Pandega dicirikan oleh sifat yang selalu berkarakter, dinamis, progresif, menantang, dan bermanfaat bagi diri dan masyarakat sekitarnya. Kegiatan tersebut mencakup dimensi dari Pandega, oleh Pandega, dan untuk Pandega. Pembina, sebagai konsultan, memiliki peran dalam menawarkan program-program baru yang lebih bermakna, menarik, dan bermanfaat.

1. Materi Kegiatan:

-       Meliputi semua aspek kehidupan, nilai-nilai, dan keterampilan.

-       Dikemas untuk memenuhi 4 H oleh Baden Powell: Health (kesehatan jiwa dan raga), Happiness (kebahagiaan meliputi kegembiraan, kedamaian, dan kesyukuran), Helpfulness (tolong-menolong/gotong-royong), Handicraft (hasta karya).

2. Proses Penyampaian Materi:

-       Menggunakan pendekatan "Learning by doing," termasuk Learning to know, learning to do, dan learning to live together.

-       Juga mencakup "Learning to be," yang melibatkan Learning by teaching, Learning to serve, dan Serving to earn.

3. Pembinaan Pramuka Pandega:

-       Diarahkan untuk mempersiapkan diri sebagai pemimpin yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, dan Tuhan YME.

-       Kegiatan melibatkan Bina Diri (peningkatan pengetahuan dan keterampilan), Bina Satuan (persiapan menjadi Instruktur Muda, Pembina), dan Bina Masyarakat (persiapan menjadi pemimpin di masyarakat, penyuluh, pelopor, peneliti).

Dengan fokus pada tujuan pemimpinan dan tanggung jawab sosial, kegiatan Pandega tidak hanya memberikan pengembangan pribadi, tetapi juga membentuk individu yang siap berkontribusi positif dalam berbagai tingkatan kehidupan.

No comments:

Post a Comment