Terbaru

Wednesday, February 15, 2023

Belajar Navigasi dan Orientasi di Alam Bebas dengan 8 Arah Mata Angin

 

Mata angin adalah sistem pengaturan arah yang digunakan untuk memudahkan navigasi dan memberikan panduan dalam kegiatan luar ruangan. Mata angin digunakan oleh para petualang, nelayan, pelaut, dan banyak orang lainnya yang beraktivitas di luar ruangan. Mata angin dibagi menjadi empat arah utama, yaitu utara, selatan, timur, dan barat. Setiap arah memiliki arti dan simbol yang berbeda.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai arah mata angin:

1.      Utara atau North (N) - 0 derajat

Utara adalah arah yang mengarah ke kutub utara bumi. Pada kompas, arah utara ditunjukkan dengan tanda N. Di alam bebas, arah utara dapat diidentifikasi dengan melihat bintang utara yang terletak di rasi bintang Ursa Minor (bersebelahan dengan rasi bintang Ursa Major).

2.      Timur Laut atau North-East (NE) - 45 derajat

Arah ini adalah perpaduan antara utara dan timur. Utara timur mengarah ke arah timur laut dari tempat pengamat.

3.      Timur atau East (E) - 90 derajat

Timur adalah arah yang mengarah ke tempat terbitnya matahari pada pagi hari. Pada kompas, arah timur ditunjukkan dengan tanda E. Di alam bebas, arah timur dapat diidentifikasi dengan melihat matahari terbit di pagi hari.

4.      Tenggara atau South-East (SE) - 135 derajat

Arah ini adalah perpaduan antara selatan dan timur. Tenggara mengarah ke arah tenggara dari tempat pengamat.

5.      Selatan atau South (S) - 180 derajat

Selatan adalah arah yang mengarah ke kutub selatan bumi. Pada kompas, arah selatan ditunjukkan dengan tanda S. Di alam bebas, arah selatan dapat diidentifikasi dengan melihat rasi bintang Crux atau Southern Cross.

6.      Barat Daya atau South-West (SW) - 225 derajat

Arah ini adalah perpaduan antara selatan dan barat. Barat daya mengarah ke arah barat daya dari tempat pengamat.

7.      Barat atau West (W) - 270 derajat

Barat adalah arah yang mengarah ke tempat matahari terbenam pada sore hari. Pada kompas, arah barat ditunjukkan dengan tanda W. Di alam bebas, arah barat dapat diidentifikasi dengan melihat matahari terbenam pada sore hari.

8.      Barat Laut atau North-West (NW) - 315 derajat

Arah ini adalah perpaduan antara utara dan barat. Barat laut mengarah ke arah barat laut dari tempat pengamat.

Dalam penggunaannya, delapan arah mata angin ini sering digunakan dalam kegiatan orientasi dan navigasi di alam bebas, terutama dalam kegiatan hiking, camping, dan petualangan. Memahami delapan arah mata angin ini sangat penting untuk menavigasi wilayah yang belum dikenal dan menghindari tersesat di alam bebas. Sama seperti pada empat arah mata angin utama, penggunaan kompas merupakan salah satu alat navigasi utama dalam menentukan delapan arah mata angin ini.

Pada umumnya, kompas merupakan alat yang digunakan untuk menentukan arah mata angin. Kompas adalah sebuah alat navigasi yang menggunakan medan magnet bumi untuk menunjukkan arah utara dan arah-arah lainnya. Selain itu, saat ini terdapat juga aplikasi digital yang dapat diinstal pada ponsel pintar yang berfungsi sebagai kompas virtual.

No comments:

Post a Comment